Minggu, 11 Mei 2008

Sosok di Balik Gejolak Ekonomi Dunia

BUKU BARU
Minggu, 11 Mei 2008 | 01:32 WIB

Alan Greenspan, Sang Maestro

Judul: Alan Greenspan: Sosok di Balik Gejolak Ekonomi Dunia
Judul asli: Maestro: Greenspan’s Fed and the American Boom
Penulis: Bob Woodward
Penerbit: Ufuk Press
Cetakan: I, Maret 2008
Tebal: xii+310 halaman

Banyak predikat yang disandang Alan Greenspan, mantan pimpinan The Federal Reserve (The Fed) atau Bank Sentral Amerika Serikat (AS). Ada yang menyebut sebagai ikon, maestro, dan dewa ekonomi AS, bahkan dunia.

Pemberian sebutan dari berbagai kalangan, khususnya para pelaku pasar ekonomi, ini tidak dapat dipisahkan dari sepak terjang Alan Greenspan, seperti yang terekam dalam buku karya Bob Woodward, jurnalis kawakan The Washington Post, tahun 2000.

Meski karya terjemahannya baru muncul tahun 2008, publikasi ini tetap menarik untuk disimak. Sepak terjang mantan Ketua Penasihat Dewan Ekonomi Presiden Nixon sejak diangkat sebagai Gubernur The Fed hingga tahun 2000 dipaparkan secara rinci.

Masih banyak catatan keberhasilan tokoh moneter dan finansial ulung yang mengakhiri jabatannya pada tahun 2006 ini. Namun, toh dari sepenggal kisahnya (1987-2000) dalam mengendalikan ekonomi negeri Paman Sam tampak jelas sosok seorang Alan Greenspan yang menyandang julukan Sang Maestro itu. (ARI/Litbang Kompas)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

salut untuk buku2-nya

opungregar mengatakan...

Terima Kasih Mas Nur, telah mengunjungi blog Klub Haus Buku di http://klubhausbuku.blogspot.com

Kunjungi juga Klub Haus Buku di http://klubhausbuku.WordPress.com

Terima Kasih Mas Nur
Opung RegaR