Minggu, 04 Mei 2008

Daya Saing Indonesia

Buku Baru

Daya Saing Indonesia

Judul: Kekuatan Daya Saing Indonesia: Mempersiapkan Masyarakat Berbasis Pengetahuan
Penulis: Zuhal
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Cetakan: I, Januari 2008
Tebal: xxxi+360 halaman

Perkembangan dunia yang menciptakan sistem ekonomi baru berbasis pengetahuan menuntut masyarakat Indonesia turut mengembangkan kemampuan menguasai iptek untuk menghadapi persaingan global. Saat ini, penguasaan teknologi merupakan modal utama untuk meraih kemakmuran.

Indonesia dirasa masih kurang siap. Dibandingkan dengan beberapa negara Asia, Indonesia belum memiliki kebijakan cetak biru teknologi. Malaysia bahkan sekarang sudah memasuki tahap kedua implementasi kebijakan Ekonomi Berbasis Pengetahuan. Daya saing Indonesia juga dalam tahap mengkhawatirkan. Dalam tiga tahun menurun 50 persen setiap tahunnya. Jika pada tahun 2001 daya saing mencapai 23 persen, tahun 2002 turun menjadi 13 persen, dan berikutnya melorot menjadi 6 persen.

Untuk meningkatkan daya saing itu perlu dilakukan terobosan besar, seperti mempercepat transformasi teknologi dan memperbaiki sistem pendidikan berbasis teknologi. Strategi pendidikan ini bisa ditempuh dengan mengembangkan sekolah kejuruan yang memiliki link and match dengan dunia industri. Di samping itu, perlu disiapkan sejumlah komponen dasar, yaitu tersedianya infrastruktur komputer, jaringan telepon dan internet per 1.000 penduduk. (YOG/Litbang Kompas)

Tidak ada komentar: