Minggu, 04 Mei 2008

Buku Baru


Jejak "Hobbit" di Liang Bua
Minggu, 9 Maret 2008 | 03:23 WIB

Judul: A New Human
Penulis: Mike Morwood & Penny van Oosterzee
Penerbit: HarperCollins
Cetakan: 2007
Tebal: xiii+256 halaman

Dalam jurnal ilmu pengetahuan Nature edisi 28 Oktober 2004, Mike Morwood, peneliti dari Universitas New England, Australia, memublikasikan penemuannya berupa spesies manusia purba baru di Liang Bua, Kabupaten Manggarai, Pulau Flores. Dunia arkeologi pun bereaksi.

Teuku Jacob dan Etty Indriati dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyatakan, temuan Morwood merupakan manusia modern (homo sapiens), yaitu moyang manusia katai di Flores. Berbentuk kecil disebabkan oleh kelainan genetis, yaitu menderita microcephalia dengan ciri otak dan tengkoraknya kecil.

Morwood tetap yakin kalau hasil temuannya merupakan spesies baru manusia purba. Spesies yang diberi nama homo floresiensis itu bertubuh kecil dan tingginya hanya 106 sentimeter. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan manusia hobbit, tokoh yang dipopulerkan oleh JRR Tolkien dalam legenda The Lord of The Rings. Hobbit inilah yang oleh Morwood diyakini sebagai ”A New Human”. Dalam buku ini, Morwood menyajikan kronologi penemuan homo floresiensis bersama sejumlah ilmuwan dari Indonesia dan mancanegara. Paparannya dilengkapi mata rantai berbagai penemuan fosil manusia purba di Indonesia. Secara terbuka juga dibeberkannya berbagai reaksi pro dan kontra terhadap hasil temuannya ini. (ARI/Litbang Kompas)

Tidak ada komentar: