Minggu, 04 Mei 2008

Strategi Global Penanggulangan Bencana

Buku Baru

Strategi Global Penanggulangan Bencana

Judul: Natural Disaster Reduction: South East Asian Realities, Risk Perception and Global Strategies
Penulis: Dilip Kumar Sinha
Penerbit: Anthem Press
Cetakan: I, 200
Tebal: xv+141 halaman

Pada tanggal 26 Desember 2004, sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan menjadi korban bencana tsunami yang melanda Samudra Hindia. Indonesia, Myanmar, Sri Lanka, Banglades, dan India mengalami kerusakan dan kerugian relatif hebat akibat tsunami. Peristiwa ini menjadi titik awal analisis dinamika bencana alam di Asia Tenggara.

Publikasi ini menyajikan bahasan tentang strategi penanggulangan dampak bencana alam, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Dipaparkan tinjauan terhadap berbagai bentuk bencana alam seperti topan, gempa bumi, tsunami, badai, dan letusan gunung berapi, baik yang berupa potensi maupun yang pernah terjadi, disertai upaya penanggulangannya di masing-masing negara Asia Tengara dan Asia Selatan. Penulis juga mencermati keterlibatan pemerintah dan lembaga internasional seperti International Decade for Natural Disaster Reduction (IDNDR) dan World Conference on Disaster Reduction (WCDR) dalam menangani krisis manajemen bencana alam secara global.

Selain pembangunan sistem peringatan dini, bahasan lain yang dikemukakan adalah pengamatan penulis mengenai identitas etnis yang dianggap memengaruhi respons manusia terhadap bencana alam. Juga disoroti liputan media terhadap peristiwa bencana alam untuk memperlihatkan apakah kisah kemanusiaan yang ditampilkan analitis atau sensasional. (TSD/Litbang Kompas)

Tidak ada komentar: