Kamis, 08 Mei 2008

Bill Gates Tawarkan Software Gratis

Bill Gates Tawarkan Software Gratis

Laporan Wartawan Kompas, Wisnu Nugroho A

JAKARTA, KAMIS - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan Chairman Microsoft Bill Gates di kantor Presiden, komplek Istana Jakarta, Kamis (8/5) petang.

Dalam pertemuan selama sekira 75 menit tersebut Bill Gates menawarkan pemberian software gratis bagi dunia pendidikan di Indonesia, mulai 2009. Namun realisasi tawaran ini baru akan terwujud jika Pemerintah telah mampu menyediakan perangkat komputer secara besar-besaran untuk seluruh SMP dan SMA di Indonesia.

Menanggapi tawaran tersebut, Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengatakan, sesungguhnya saat ini pun pengadaan komputer tersebut telah mulai dilakukan. Namun cakupannya yang masih terbatas. Ia katakan, untuk tingkat SMA sudah 30 persen yang dilengkapi dengan piranti komputer, SMK 40 persen, dan SMP 30 persen. "Sebenarnya, hardware yang diperlukan bukan hardware baru, yang ada sekarang pun sebetulnya bisa," kata Mendiknas.

Ditanya berapa besar nilai software gratis yang ditawarkan Microsoft tersebut, Mendiknas tak bisa menjawab. "Karena Bill Gates juga tidak menyebutkan," kata Mendiknas lagi.

Senada dengan itu, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie memperkirakan, pengadaan komputer secara massal untuk seluruh lembaga pendidikan menegah dan atas di Indonesia, dapat terwujud jika harga komputer hanya 200 dollar AS per unit.

Bill Gates sendiri tidak memberikan keterangan kepada wartawan. Seusai pertemuan dengan Presiden, Bill meninggalkan kantor Presiden dengan menumpang mobil golf yang biasa dipakai Presiden sebagai alat transportasi di dalam Istana.

Wisnu Nugroho A
Sent from my BlackBerry © Wireless device from XL GPRS/EDGE/3G Network

Tidak ada komentar: