Selasa, 06 Mei 2008

CHINA UNDERCOVER

“Rahasia” di Balik Kemajuan Cina
Penulis: Chen Guidi & Wu Chuntao




Ukuran: 12.5 x 19 cm
Harga: Rp. Harga: Rp. 45.000,-
Halaman: 388 halaman
ISBN: Isbn: 979-1238-51-9


Karya unik ini untuk kali pertama diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Versi aslinya yang berbahasa Cina telah terjual lebih dari 250.000 eksemplar sebelum dilarang dan edisi bajakannya terjual hingga nyaris sepuluh juta kopi di Cina.
Belakangan, kedua penulisnya ditekan selama masa persidangan, dipaksa meninggalkan pekerjaan mereka, dan rumah mereka dilempari batu oleh segerombolan orang. Semuanya karena mereka berani membeberkan ‘rahasia’ yang ada dalam buku ini.
Chen Guidi lahir pada tahun 1943 di Anhui. Istrinya, Wu Chuntao, lahir pada tahun 1963 di provinsi Hunan di Cina. Mereka sama-sama berasal dari keluarga rakyat jelata. Chen dan Wu menjadi anggota dan penulis terkemuka dalam asosiasi sastra Hefei. Guidi menerima Lu xun Literature Achievement Award, salah satu hadiah sastra paling penting di Cina. Kedua penulis telah menerima berbagai penghargaan dari jurnal Contemporary Age atas reportase yang inovatif.

3 komentar:

opungregar mengatakan...

Sebuah karya, memang tidak selalu mesti terikat dengan siapa penulisnya. Barangkali lebih tepat dikatakan, bagaimana sang penulis menuturkannya. Apalagi buku berjudul "China Undercaver" ini, yang ditulis oleh dua orang terkenal dalam karya sastra Cina dan telah mendapat berbagai penghargaan bergengsi. Pastilah banyak orang ingin tahu rahasia sesungguhnya yang terjkandung di dalamnya.
Hari-hari belakangan ini memang, banyak orang membicarakan, mendiskusikan dan menulis sejumlah buku tentang kesuksesan Cina dan kebangkitannya negeri Cina sebagai kekuatan ekonomi dunia. Buku ini semakin kuat lagi ketika buku ini dilarang beredar. Termasuk ketika penekanan terhadap kedua penulisnya yang mengungkap berbagai persoalan yang dianggap membahayakan.
Kalau kita ingin mengetahui lebih banyak tentang China buku ini akan bercerita banyak kepada siapa pun saja yang membacanya.
Dengan alasan-alasan itulah antara lain, memperkuat kehadiran buku ini di tangan pembaca China khusnya.

opungregar mengatakan...

China Undercover seharusnya menjadi bacaan yang penting bagi siapa pun yang tertarik pada bagaimana sebenarnya kehidupan yang ada di Republik Rakyat Cina.
—Washington Post

opungregar mengatakan...

Dituturkan dengan gaya berkisah yang memukau.
—Publishers Weekly